Saturday, August 1, 2015

Berbagai Kesenian Tradisional Yogyakarta


Dikenal sebagai Kota Pelajar di Indonesia,  Yogyakarta merupakan kota yang penuh dengan ragam seni dan budaya yang dilestarikan dari generasi ke generasi. Berbagai kesenian dan atraksi budaya Yogyakarta sering ditampilkan dalam acara-acara resmi atau  sebagai atraksi budaya bagi wisatawan dalam dan luar negeri. 

Yogyakarta selain memiliki objek wisata yang memikat perhatian dunia seperti keberadaan Candi Prambanan dan dekat dengan Candi Borbudur, juga memilki berbagai sajian makanan tradisional yang lezat.  Sebelumnya, mari kita lihat kesenian tradisional Yogyakarta yang terpelihara dan menjadi objek wisata yang menarik. 

Berikut 10  kesenian tradisional Yogyakarta


1.  Kethoprak
Merupakan seni pentas dalam bahasa jawa diiringi gamelan dan tembang jawa dimana drama pentas ini menngisahkan tentang sebuah kisah sejarah maupun fiksi.

2. Wayang Kulit
Merupakan teater raykat dimana wayang ini terbuat dari kulit lembu dan dimainkan dari balik layar oleh dalang sesuai dengan alur cerita yang dimainkan. Permainan wayang ini  juga diiringin oleh penyanyi sinden dan musik tradisional jogja seperti gamelan. 

3. Wayang Wong
 Wayang Wong sama dengan seni pentas dimana dalangnya  sebagai sutradara dan penata cerita dari adegan yang dimainkan

4. Wayang Golek
Wayang golek terbuat dari boneka kayu yang dirias seperti manusia.Salah satu wayang golek yang populer bernama si Cepot yang merupakan hasil pengembangan seni tradisional oleh para Dalang

5. Sendratari Ramayana
Ini merupakan salah satu kesenian yang sangat populer yang adalah pentas seni yang diperankan manusia atau penari yang memiliki gerakan yang teratur dan gemulai serta hati-hati. Pentas ini mengisahkan tentang tentang Sri Rama yang baik melawan si jahat Rahwana yang jatuh cinta dengan Istri Sri Rama yang adalah seorang perempuan yang sangat cantik yang bernama Shinta. Sendra tari ini sering ditampilkan di Candi Prambanan. 

6. Jathilan
Jathilan merupakan kesenian yang menyatukan gerakan tari dan unsur magis. Tarian ini dilakukan dengan dengan menggunakan kuda kepang diiringi musik gamelan seperti Saron, Bende, Kendang, Gong, dan lain-lain.  Para penari pun akan kerasukan roh halus dan tidak sadar dengan apa yang mereka lakukan. Sementara penari lain memegang cambuk atau cemeti. Penari pun sering melakukan gerakan berbahaya seperti memakan silet, kaca, dan dicemeti tanpa merasa kesakitan.

7. Karawitan
Karawitan merupakan seni musik tradisional nada slendro dan pelog baik instumental maupun vokal. Dalam gamelan setiap instrumen bermain dengan rapi. Seni suara atau Vokal terdiri dari gelongan dan sinden. Gelongan merupakan seni suara yang dilakukan oleh pria-pria secara ritmik sedang sinden adalah vokal yang dilantunkan secara tunggal.

8.  Langen Mandra Wanara
Kesenian ini merupakan gabungan antara tarian, tembang, opera diiringin musik gamelan dimana para penarinya berdiri dengan lutut atau jengkeng sambil berdialog dengan tembang "Macapat"

Masih banyak lagi kesenian tradisional Yogyakarta yang boleh kamu lihat saat berkunjung ke kota yang penduduknya terkenal ramah ini. 

2 comments:

  1. jathilan, sering liat itu kak, biasanya di boyolali..asslinya dari sana :)

    ReplyDelete
  2. Dear D Sukmana,

    Kamu sendiri pernah nonton Kesenian Tradisional Jathilan langsung gak? saya pernah pas Blogger Nusantara di Jogja malam-malam, musik gamelannya kenceng banget n ada kesurupan gitu penarinya, trus pake dcambuk-cambuk begitu. Bisa gak sakit begitu cemeti kl Jathilan.

    ReplyDelete