Saturday, August 22, 2015

Seni Tari Bali yang Populer dan Maknanya


Berikut 5 Seni Tari Bali yang populer beserta makna dan sejarahnya yang menjadi Icon bagi para wisatawan untuk menyebut Indonesia adalah tempat wisata populer di Indonesia yang tingkat pengunjung domestik maupun wisatawan mancanegara selalu berbondong-bondong mengunjungi Bali dan hampir di sepanjang tahun. 

Selain memiliki kekayaan alam yang cantik seperti keindahan Pantai Kuta, Nusa Dua, DreamLand, Pandawa, dan lain-lain, Bali juga dilengkapi dengan berbagai kekayaan seni dan budaya yang sudah mendunia yaitu:

Berikut 5 Seni Tari Bali yang populer beserta makna dan sejarahnya

Seni Tari Pendet

Tari pendet merupakan tari awalnya diciptakan oleh dua seniman Bali yaitu I Wayan Rindi dan Ni Ketut Reneng pada tahun 1950 yang konsep tariannya untuk menyambut turunnya dewa ke bumi dan sering ditarikan di Pura. Namun pada tahun 1967  I Wayan Rindi merubah konsep tarian itu menjadi tarian modern yang ditujukan sebgai ucapan selamat datang bagi  tamu.  Para penari membawa bokor berisi bunga di dalamnya sembari menari dan menaburkan bunga sebagai ucapan selamat datang kepada para tamu yang hadir.

Seni Tari Legong Lasem

Tari legong merupakan tarian yang diciptakan untuk mengisahkan sebuah cerita dimana Raja Lasem yang jatuh cinta dan ingin meminang Rangkesari dari Kerjaan Daha, namun Sang Putri menolaknya karena sudah terikat dengan Raden Panji dari Kahuripan.  Namun Raja Lasem menculik Sang Putri yang menyebabkan peperangan antara kerajaan Daha dan Lasem. Pada tarian ini semua penari menggunakan kipas sembari melakukan gerakan yang kompleks dan mengikuti struktur tabuh pengiring. 

Seni Tari Kecak

Tari Kecak ini merupakan bagian dari kisah Ramayana yang bertarung melawan Rahwana. Para penari adalah para pria yang duduk melingkar dengan kedua tangan tangan ke atas dan menyerukan "cak" menggambarkan para barisan kera yang membantu Ramayana saat beperang melawan Rahwana yang telah menculik Shinta istrinya yang cantik. 

Pada sejarahnya tari kecak ini adalah tarian ritual sanghyang dimana para penarinya menjadi media yang dimasuki oleh para roh leluhur yang ingin menyampaikan pesan-pesannya kepada masyarakat.

Seni Tari Baris

Tari Baris  memilki dua bagian yaitu Tari Baris Tunggal yang bersifat sakral yang ditampilkan dalam upacara Pitra Yadnya dimana  tarian ini sebagai persembahan kepada para leluhur. Tarian ini menggambarkan prajurit pemberani dan gagah perkasa yang dewasa secara jiwa maupun kepercayaan dan ditampilkan dalam gerakan tari yang lugas. Tari Baris lainnya adalah Tari Baris Tunggal Profan  yang tidak ditujukan untuk ritual-ritual keagamaan tetapi untuk berbagai pagelaran seni

Seni Tari Janger

Tari Janger merupakan salah satu seni tari populer dari Bali yang diciptakan pada tahun 1930 dimana tarian ini menggambarkan keceriaan antara muda-mudi baik penari wanita (janger) maupun penari pria (kecak)

ItulahSeni Tari Bali yang populer beserta makna dan sejarahnya. Masih banyak jenis seni tari Bali yang populer dan sering dipertunjukkan kepada para pengunjung maupun wisatawan. 



No comments:

Post a Comment